Songket Bali

 

Songket Bali

Rp.1.500.000/sarong/pcs

Tidak mungkin untuk memahami keindahan dan kelangkaan songket tanpa menyaksikan proses yang kompleks dan memakan waktu pembuatan. Dalam rangka untuk mencari dan mengikuti produksi songket kami pergi ke Sidemen.

Sidemen merupakan sebuah
kota kecil di Bali tengah yang dikelilingi oleh sawah dan di mana banyak wanita yang terampil telah didedikasikan untuk produksi songket sejak abad ke-17, ketika keluarga kerajaan Bali Klungklung pindah ke daerah baru dengan semua hamba mereka dan pengrajin. Hari ini, Siddhaman adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia di mana tradisi produksi songket masih tumbuh dengan subur, bersama dengan Sumatera dan beberapa wilayah Thailand, Malaysia dan Laos.

Istilah “songket” digunakan untuk menggambarkan teknik tenun pola tambahan ke dalam material, biasanya sutra atau katun. Dengan benang emas dan perak berkilauan kontras multicolor halus pola geometris, songket secara tradisional digunakan untuk pertunjukan teater dan upacara penting. Mereka dianggap sebagai bahan yang sangat mewah yang mencerminkan keanggunan dan kelezatan budaya Bali yang menarik.

Sebaliknya dengan harapan banyak pengunjung, produksi songket dilakukan dalam konteks domestik. Songket tenun adalah keterampilan yang telah dan terus berlalu turun-temurun perempuan Bali yang bekerja secara eksklusif dengan tangan. Namun, proses ini mencakup keterlibatan setiap anggota keluarga dan bantuan dari spesialis untuk proses tertentu seperti penyusunan warps.

Saat ini produksi songket berjuang untuk bertahan hidup karena ekonomi rapuh mendukungnya. Produksi songket yang sangat mahal untuk pengrajin kecil Bali dan sangat memakan waktu. Dalam rangka untuk menghasilkan songket, seorang wanita dengan bantuan asisten membutuhkan setidaknya satu bulan. Sebagai seni tidak lagi didukung oleh keluarga kerajaan dan dengan demikian permintaan untuk songket telah menurun, sangat sulit bagi pengrajin untuk hidup dari produksi kerajinan tersebut.

Setiap songket disertai dengan profil budaya dan visual yang kaya yang membuatnya ditiru dan langka. Songket yang ideal untuk dekorasi rumah mewah atau pakaian. Mereka dapat digunakan untuk memperkaya desain rumah Anda sebagai sampul bantal, tempat tidur dan sofa, atau hanya sebagai sepotong indah dan seni yang unik.(ditulis oleh Gaia Rosenberg Colorni)

4 comments

  1. Lyra says:

    Hi, saya mencari songket bali hitsm dg pinggiran benang silver, apakah punya?
    Kalau punya, harga brp?

  2. Saya adalah seorang dari peminat setia blog awak… harap awak dapat kerapkan post dalam blog nie…

  3. Jubah Fesyen says:

    Kepada semua blogger kat luar… contohilah post nie… walaupun simple..
    tapi berisi…

  4. Sangat Berkualitas, Jempol dua untuk balikebaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *